Selasa, 20 Oktober 2015

Beberapa Permainan Memecah Kejenuhan (ICE BREAKER GAME) PART 2

Sebelumnya Dez pernah sharing mengenai game pemecah kejenuhan atau biasa disebut ice breaker, sekedar pengingat saja game ini adalah sebuah game dalam sebuah kelompok, kumpulan, seminar dan lain sebagainya dimana game ini bertujuan untuk menyegarkan atau memecah kejenuhan saat di dalam sebuah kumpulan, mungkin sudah tahu agan agin semua hee, kalau misal dalam sebuah kumpulan pasti akan ada rasa ngantuk, jenuh lah, atau bosen pengennya ingin beranjak dari tempat duduk kita akan searasa panas tempat duduk yang kita duduki hee, untuk itu  saya share lagi beberapa game lainnya, silahkan dicoba.

Dibawah ini saya bagikan game ice breaker yang patut agan agin coba,
 





Tiga Pertanyaan (Three Question)
  • Minta setiap adik mentor membuat tiga pertanyaan yang kontroversial mengenai diri teman-teman lainnya. Bukan pertanyaan seperti “Siapa namanu?”. Atau yang so-so lainnya. Buatlah pertanyaan seperti “Apa yang akan kamu lakukan kalau Ayahmu pergi ke Bulan dan gak akan kembali lagi?”. Atau, “Sebutkan 3 tempat yang ingin kamu kunjungi dan tinggal di sana selama 6 bulan. Jelaska kenapa?”.
  • Berikan mereka waktu untuk berfikir dan lemparkan satu dari tiga pertanyaan tersebut ke orang yang berbeda.
  • Selanjutnya berikan waktu kepada orang yang diberi pertanyaan untuk menjawab.
  • Di akhir sesi mentor bisa bertanya pendapat tiap orang terhadap karakter adik mentor lainnya daam menjawab pertanyaan-pertanyaan barusan.
Dompet
  • Setiap adik mentor mengambil satu barang dari dalam dompetnya yang menurutnya sangat penting.
  • Beri waktu untuk maju ke depan dan menceritakan mengapa benda itu sangat penting.
  • Akan lebih seru, kalau mereka diminta untuk memberi nama benda yang sangat penting itu.
Pertunjukkan Bakat
  • Setiap adik mentor diminta untuk menunjukkan bakat terbaiknya.
  • Siapkan panggung sederhana untuk tempat mereka melakukan pertunjukkan
  • Beri respon seperti juri ajang pencarian bakat di TV. :)
Barisan Tanggal lahir 
  • Minta kelompok untuk berbaris rapih
  • Setelah rapih, perintahkan untuk secepat – cepatnya memperbaiki barisan sesuai urutan tanggal lahir. Yang muda didepan, yang tua paling belakang.
  • Syaratnya mereka harus melakukannya tanpa berkomunikasi sama sekali.
  • Bisa juga variasinya dengan lokasi rumah terjauh dari tempat mentoring, atau kampung halaman terjauh, atau urutan anak ke-berapa di keluarga mereka
Pesawat Nyasar
  • Setiap adik mentor diminta membuat pesawat kertas
  • Minta mereka menuliskan kesukaan dan ketidaksukaan mereka terhadap sesuatu pada pesawat kertas tersebut
  • Pada aba- aba terbangkan bersama-sama pesawat tersebut.
  • Jika pesawat terjatuh minta mereka mengambil satu lalu menerbangkannya lagi.
  • Lakukan selama 2- 3 menit
  • Jika sudah minta masing-masing memegang satu pesawat kertas secara acak.
  • Ceritakan orang yang namanya ada dalam pesawat kertas tersebut.
Bagi Sepatu Biar Menyatu 
  • Sebelum masuk aula setiap orang harus melepaskan sebelah sepatunya dan meninggalkannya di depan pintu. Sebelah sepatu lagi tetap dipakai.
  • Setelah semuanya masuk ruangan, mentor mengumpulkan sepatu di depan pintu tadi lalu dibagikan ke bukan pemiliknya. Satu orang satu bagian sepatu.
  • Setelah itu setiap adik mentor diminta mencari sepatu pasangannya dan mengetahui nama pemegang sebelah sepatunya.
  • Setelah itu minta dia memperkenalkan orang yang baru ia kenal ke kelompok mentor
  • Sangat cocok dimainkan secara kolosal (jumlah adik mentor lebih dari 30 orang)
Kepribadian Seniman (Tebak Siapakah dia??)
  • Bagikan kertas dan pensil kepada setiap adik mentor.
  • Dalam 5 menit minta mereka menggambar sesuatu yang mewakili kepribadian mereka. Tanpa boleh ada tertulis satu kata pun. Hanya gambar yang dibolehkan.
  • Jika sudah mentor mengumpulkan kembali hasil kerja mereka.
  • Tampilkan satu per satu gambar tersebut dan minta semua adik mentor untuk menebak. Gambar milik siapakah kira – kira yang dipertunjukkan oleh mentor.
  • Setelahnya minta setiap adik mentor menjelaskan mengapa dia menggambar gambar tersebut. Seperti apa kepribadian dia?
‘3 hal yang sama’ 
  • Minta mereka memecah kelompok mentor menjadi kelompok lebih kecil terdiri atas 3 orang.
  • Syarat membentuk sub-kelompoknya harus ada 3 kesamaan dari ketiga orang tersebut.
  • Kesamaannya harus yang tidak biasa. Tidak boleh jenis kelamin, umur dan hal umum lainnya.
  • Harus yang unik.
  • Biasanya proses ini memakan waktu 10 sampai 15 menit. Sampai terbentuk kelompok yang dimaksud.
  • Jika sudah minta tiap kelompok menceritakan 3 kesamaan apa saja yang mereka maksud.
  • Cocok dimainkan oleh keiompok > 12 orang.
Menebak nama sahabat nabi (yang terkenal) atau ibadah islam. 
  • Mentor menempelkan sebuah kartu polos di belakang tiap adik mentor
  • Kemudian setiap kartu polos tersebut dituliskan nama sahabat yang populer atau salah satu ritual ibadah dalam islam.
  • Selanjutnya adik mentor diminta berkeliling ruangan untuk bertanya mengenai ‘clue’ dari isi kartu yang dimaksud.
  • Orang – orang yang ditanya hanya boleh menjawab YA atau TIDAK.
  • Yang bisa menebak paling cepat dialah yang menang.
Cerita berantai
  • Mentor memulai sebuah cerita dengan sebuah kalimat.
  • Adik mentor yang duduk disebelahnya diminta melanjutkan cerita tersebut dengan menambahkan satu kalimat lagi.
  • Jadikan berantai ke adik mentor selanjutnya
  • Kamu dan adik mentor akan kaget betapa anehnya cerita yang dibuat.
‘Diam paling lama’
  • Bagi adik mentor jadi berpasang-pasangan
  • Minta mereka menatap mata satu sama lain dengan pasangannya.
  • Tidak boleh bicara. Diam saja.
  • Biasanya ada yang tidak tahan untuk tertawa. Dia gugur.
  • Lakukan terus dengan mengganti pasangan dengan sistem gugur. Lalu cari yang bisa diam paling lama.
  • Di ‘pertandingan final’ mentor bisa sedikit mengganggu konsentrasi pemain. :)
Namaku Keren "Alhamdulillah"
  • Game ini cocok untuk saling mengenalkan nama adik mentor dalam kelompok mentor. Caranya gampang, minta setiap adik mentor membuat kepanjangan dari tiap huruf yang menyusun nama mereka masing – masing. Misalnya, Umar itu adalah Ulama, Mulia, Alim, Rajin. Mentor bisa memulai terlebih dahulu agar memotivasi adik mentor untuk membuat juga. Ada beberapa nama yang mungkin sulit dibuat kepanjangannya, tapi disitulah ramenya! :)
  • Untuk variasi, mentor bisa membatasi golongan kata yang boleh digunakan. Misal, harus kata sifat, atau harus merek mobil, atau nama sayuran. Enjoy!
Nah itulah permainan yang mungkin agan agin bisa coba, hehe. Mudah mudahan bisa menghibur dan silahkan di share. Kunjungi juga permainan ice breaker yang lainnya disini.

2 komentar:

author
Dani Nurin
Bukan sekedar mengejar kelengkapan, tapi hanya untuk mengejar dan membagi kebaikan